EDUKASITERKINI.com.—UMI Makassar konsisten mengokohkan diri sebagai perguruan tinggi swasta terbaik diIndonesia Timur. UMI kembali masuk dalam pemeringkatan Webometrics Rank 2021 yang dirilis Webometrics Ranking Web of Universities, baru-baru ini.

Pada periode Juli 2021, UMI berada di peringkat 98  dari 100 universitas terbaik di seluruh Indonesia termasuk didalamnya perguruan tinggi negeri.

Sementara bila di Indonesia Timur, UMI masuk perguruan tinggi swasta terbaik pertama. Webometrics merupakan organisasi pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia yang telah dilakukan sejak Juli 2012.Webometrics melakukan penilaiannya setiap enam bulan sekali.

Penelitian berbasis website ini banyak dijadikan rujukan oleh perguruan tinggi di dunia untuk melihat seberapa intens masyarakat mengakses website perguruan tinggi untuk kebutuhan layanan pendidikan tinggi.

Hasil pemeringkatan perguruan tinggi dari Webometrics di periode ini dihasilkan dari tigas aspek penilaian. Yaitu, impact, openness, dan excellence.

Pada aspek impact, UMI berada di peringkat 9.349.  Pada indikator ini, pengelolaan artikel dalam website menjadi salah satu kunci utama.

Kemudian aspek openness, UMI memperoleh peringkat 6.488. Penilaian openness dilakukan melalui pengecekan jumlah publikasi dari sivitas akademika UMI yang telah dikutip Pada aspek excellence, UMI memperoleh peringkat 5.117.

Pada penilaian ini, yang dinilai hampir sama dengan aspek openness, rujukan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta pengembangan inovasi terutama yang menunjang teknologi industri.

Pencapaian ini menjadi pembuktian bahwa UMI adalah perguruan tinggi bereputasi yang diakui secara nasional dan internasional serta telah memenuhi standar mutu tata kelola perguruan tinggi secara nasional dan global.

Demikian Humas UMI, Dr Hj Nurjannah Abna melaporkan. (arso).

 100 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *