EDUKASITERKINI.com—Menindaklanjuti ditetapkannya Universitas Muslim Indonesia (UMI) sebagai salah satu Perguruan Tinggi (PT) penerima hibah kompetensi matching fund dari Kemristekdikti, berlangsung pertemuan via daring zoom, di Lantai 9 Menara UMI, baru-baru ini.

Pertemuan yang dipandu Wakil Rektor V, Prof Dr Hatta Fattah itu diikuti Kepala BMKG Pusat diwakili Sekertaris Utama, Direktur Kawasan Ditjen Perikanan Budidaya KKP, Kepala Balitbangda Sulsel, Dekan Perikanan dan Kelautan UMI dan pihak terkait lainnya.

Hatta Fattah menjelaskan, pertemuan untuk mendapatkan berbagai masukan terkait dimulainya pengoperasian Kawasan Budaya Udang Windu Ramah Lingkungan pada areal 1.1000 Ha (PANDAWA)-1.000 di Pinrang, oleh Plt Gub Prov Sulsel,

Sebelumnya diberitakan, UMI jadi salah satu pusat pengembangan unggulan (center of Excellece) di Indonesia. UMI dipilih Plt Gub Sulsel. Andi Sudirman untuk kerjasama kembangkan budidaya udang windu di Kecamatan Lanrisang, Kab. Pinrang.

Selanjutnya, dibahas pula, Pengoperasian dan Pengembangan Aqualculture Vulnerability Automatic Respons System (Alliry) serta rencana pembentukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Adaptasi Iklim dan Kerentanan kawasan Budidaya Udang (Puslitbang TAWADU).

Dalam pertemuan turut dibahas, pembentukan PuslitbangTAWADU, dukungan pengoperasian Kawasan PANDAWA-1.000, Pengembangan materi dan teknis pelaksanaan Sekolah Lapang Phronima ”SUPPA”, kata Hatta Fattah.

Rektor UMI diwakili WR 1, Dr Ir H Hanafi Ashad,MT saat sambutan mengatakan, UMI dapat hibah kompetensi, Selanjutnya pihak UMI berkolaborasi dengan pihak dunia usaha dan Industri.

”Pihak UMI tentu sambut baik, itulah sebabnya UMI bukan hanya kolaborasi dengan dunia usaha, tapi juga menggandeng kalangan komunitas dan pemerintah,” kata Ir Hanafi.

Dikatakannya, kini tahap implementasi dan kegiatan tersebut wujud tridarma PT tahap hilirisasi hasil penelitian. Prinsipnya, ada komitmen dalam rangka kejayaan udang windu ke depan di Sulsel.

Kepala BMKG Pusat Diwakili Sekretsris Utama, Dwi Budi Sutrisno,. program sekolah lapang perlu dikembangkan.

Diharapkan agar informasi dari BKMG terkait iklim alam dapat diterima dengan baik. Prinsipnya, Program PANDAWA ini, harus ada komitmen kuat menyukseskannya karena sangat bermanfaat bagi masyarakat. (muhar).

 90 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *