EDUKASITERKINI.com—PLPPM Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Kendari dan Ristek-Brin gelar pelatihan manajemen keuangan dan pemasaran kepiting baka, 12-13 September 2021 di Hotel Mulia, Ereke Kab. Buton Utara.

Pelatihan diikuti 20 orang kelompok mitra. Terdiri dari Kelompok Matantahi dan Kelompok Sangkala. Hadir seperti Sekda Kabupaten Buton, diwakili oleh Asisten II Bidang Ekbang Daerah Buton Utara: L.M. Karya Jaya, S.Pi, S.Sos, M.Eng. Plt. Kadiskop dan UMKM Kab. Buton Utara: H. Tasir, S.E., M.Si, dan Kepala Desa Eelahaji Kec. Kulisusu Kab. Buton Utara.

Sejumlah pejabat mendukung pengembangan budidaya kepiting bakau agar terus berlanjut sehingga dapat menjadi salah satu penopang ekonomi keluarga bagi masing-masing anggotanya dan masyarakat sekitar.

Kegiatan ini ini diharapkan jadi wadah memahamkan para peserta tentang lembaga koperasi sebagai salah satu sarana pemasaran yang dapat dijalankan untuk kegiatan produksi kepiting bakau.

Selain itu guna meningkatkan kapasitas para angggota cara mengelola keuangan secara sederhana, untuk skala keluarga dan usaha agar usaha kegiatan budidaya kepiting bisa terukur hasilnya. Juga dinamika kelompok untuk menilai peran serta anggota kelompok memahami dan bisa terlibat aktif dalam kelompoknya.

Tujuan pelatihan ini agar seluruh kelompok mitra mampu memahami lembaga koperasi sebagai wadah aktifitas usaha, memahami cara mengelola keuangan secara sederhana, dan dapat memahami dinamika yang terjadi dalam kelompok serta peran kelompok mitra dalam memajukan usaha budidaya kepiting bakau.

“Respon masyarakat sangat baik, meskipun materi yang disajikan otiga narasumber termasuk hal baru bagi sebagian besar peserta, tetapi mereka mengikuti penyampaian materi dengan antusias hingga berakhir,” kata Dr. Rosmawati, S.Pt., M.Si selaku dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. (rls).

 88 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *