EDUKASITERKINI.com—Sebagai wujud tingginya atensi terhadap antisipasi penyebaran vovid-19, UMI kerjasama Polrestabes Makassar laksanakan vaksinasi dua hari, Kamis (16/9) hingga Jumat 17 September di Auditorium Al-Jibra, Kampus 2 UMI Jln. Urip Sumoharjo.

Rektor UMI, Prof Dr H Basri Modding saat pembukaan vaksin, Kamis (16/9) menjelaskan, kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya UMI laksanakan vaksinasi. Sebelumnya vaksinasi, khusus internal UMI.

”Kegiatan Ini realisasi program kerjasama UMI dengan Kapolda Sulsel. Pelaksanaan teknisnya melibatkan, Fakultas Kedokteran UMI, LPKM UMI dan Polrestabes,” kata rektor.

Sasarannya, agar warga civitas academika UMI dan masyarakat umum terbebas covid-19. Target sementara 1500 hingga 3000 karena tentu ada vaksin bersama keluarga.

Setelah vaksinasi dua hari ini selesai, pemikiran kita akan tertuju pada mahasiswa UMI yang jumlahnya 24.000-an.

Namun mungkin dari jumlah itu, sudah banyak divaksin. Jelasnya, 10.000-an mahasiswa akan jadi target. Pelaksanaan vaksin berikutnya, UMI juga akan tetap kerjasama kapolda Sulsel.

”UMI sangat peduli terhadap pelaksanaan vaksin, karena sesuai aturan, syarat pelaksanaan kuliah tatap muka, mahasiswa harus sudah divaksin,” tegas rektor.

Ditemui terpisah, Ketua LPKM UMI, Prof Achmad Gani,SE menjelaskan, kegiatan ini melibatkan mahasiswa kedokteran. Mereka itu telah terlatih oleh tim medis Urkes Polrestabes Makassar. Vaksinasi ini wujud dukungan UMI terhadap program pemerintah dalam upaya mengantisipasi penyebaran covid-19.

”Setelah vaksinasi dua hari ini terlaksana, UMI akan programkan lagi vaksinasi, namun akan fokus terhadap mahasiswa angkatan 2020, menyusul angkatan 2021”, kata Prof. Achmad Gani.

Sementara itu, dokter mitra Klinik Polrestabes Makassar, dr Ali secara terpisah menandaskan, vaksinasi ini melibatkan mahasiswa coach UMI dan tenaga pendamping untuk back-up administrasi. Mereka sudah dilatih khusus mulai tahap administrasi/pendaftaran,screening hingga pelaksanaan vaksinasi.

Senada dengan itu, Presiden BEM Fakultas Kedokteran UMI, Muhammad Yusuf Rezki Ramadan di sela-sela pelaksanaan vaksinasi menjelaskan, vaksinasi melibatkan 40 tenaga medis (termasuk 30 pre klinik dan relawan).

Pendaftar calon vaksin, hingga Kamis 16 September terdata 1000 orang pendaftar online plus offline.

”Selama ini FK-UMI bersama relawan memang aktif melakukan kegiatan sosial terkait antisipasi covid-19. Termasuk kerjasama IDI Makassar, Satgas Covid-19 Provinsi, Polrestabes serta BLK. Hal yang mendukung, karena UMI memang punya mobil pelayanan khusus,” tandas Muh. Rezki. (muhar).

 153 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *