EDUKASITERKINI.com–MAKASSAR– Tingkat kompetisi masuk ke Universitas Muhammadiyah (Unismuh)Makassar tahun ini terbilang ketat. Dari 9087 Calon Mahasiswa Baru (maba), hanya 51,47% diterima.

Itu menggambarkan Unismuh makin diminati sebagai tempat persiapkan masa depan., tegas Ketua Badan

Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, Prof Gagaring Pagalung saat sambutan Pembukaan Orientasi

Akademik dan Ta’aruf Maba Unismuh Tahun 2021/2022, di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh, Senin (20/9/2021).

Orientasi mengusung tema “Mempersiapkan Generasi Berkemajuan Menuju Kampus Islami, Unggul, Terpercaya dan Mandiri”.

Gagaring mengucapkan selamat kepada maba yang berhasil melalui proses seleksi yang cukup ketat itu.

Ia berpesan agar maba wajib mengetahui tujuan Universitas, sebagai wahana meningkatkan kapasitas diri, baik pengetahuan, kode etik, maupun kepribadian.

“Unismuh telah menyiapkan sarana dan prasarana dalam pencapaian Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pembinaan dan pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan,” jelas Gagaring.

Guru Besar Ilmu Akuntansi ini berharap mahasiswa senantiasa mengembangkan diri di bidang penelitian.

“Melalui penelitian, mahasiswa saya harap memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, senantiasa ber-Iqra, tempatnya di kelas maupun di perpustakaan. Apalagi sekarang era teknologi-informasi, perpustakaan digital bisa diakses dimana saja melalui gawai,” tukas Gagaring.

Ia juga mengingatkan mahasiswa mengambil peran dalam kehidupan masyarakat, melalui jalur pengabdian pada masyarakat.

Acara ini dibuka Rektor Unismuh Prof Ambo Asse. Para Wakil Rektor dan Dekan se-Unismuh turut hadir. Kegiatan digelar secara luring dan daring. Hanya sekitar 200 maba ikut luring, sedangkan sekitar 4000-an maba lainnya ikut secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Koordinator Steerring Committee, Dr Nurdin Mappa menjelaskan ,Orientasi Akademik Unismuh berlangsung 20- 22 September 2021. Setelah itu mahasiswa akan dikukuhkan 25 September 2021.

Hari pertama, katanya, maba dapatkan materi penanaman nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Narasumbernya, Drs Ali Hakka M.Pd.I (Kehidupan Kampus Islami), Dr Muh Ilham Muchtar (Materi Aqidah-Akhlak), dan Drs Nurdin Massi M.Pd.I (Kemuhammadiyahan).

Hari Kedua, lanjut Nurdin Mappa, materi dari Pimpinan Universitas. Materi Tugas dan Program BPH akan disajikan Ketua BPH Prof Gagaring Pagalung.

Khusus Rektor Unismuh, Prof Ambo Asse akan membawakan materi ‘Sejarah, Visi dan Misi Unismuh Makassar’.

WR I Dr, Abd Rakhim Nanda bahas aktivitas akademik dan kerjasama. WR II Dr Andi Sukri Syamsuri mengulas seputar keuangan. WR IV Drs KH Mawardi Pewangi M.Pd.I bahas Al-Islam Kemuhammadiyahan.

“Sesi siang hari kedua, WR III, Dr Muhammad Tahir paparkan orientasi bidang kemahasiswaan. Dilanjutkan perkenalan lembaga kemahasiswaan,” jelas Nurdin Mappa.

Selanjutnya, Rabu (22/9/2021), orientasi akademik dan ta’aruf digelar di masing-masing Fakultas. Pengukuhan Maba akan digelar dalam Rapat Senat Terbuka, Sabtu (25/9/2021). (rls).

 89 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *