EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR–Dekan FISIP Unismuh Makassar, Dr.Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si, mengingatkan mahasiswa baru (maba) Ilmu Komunikasi 2021, jangan berlama-lama di kampus, tapi cepat merampungkan jenjang studinya.

Itu ditegaskan, saat membuka Orientasi Akademik dan Ta’aruf Maba 2021, Prodi Ilmu Komunikasi, Selasa 28 September 2021 di Mini Hall FISIP Lt.5 Gedung Iqra Unismuh Makassar.

Dijelaskannya, pengaruh lainnya, akan menjadi beban pelayanan di akademik dan pengaruhi rasio dosen dan mahasiswa.

Selain itu menutup peluang lebih banyaknya maba ilmu komunikasi diterima tiap tahun ajaran baru. Idealnya banyak mahasiswa yang masuk sebanding jumlah mahasiswa keluar diwisuda, tegas Doktor Administrasi Publik PPs-UNM ini.

Prodi komunikasi sejak 2019 meraih akreditasi B dari BAN-PT dan secara signifikan peminat maba meningkat.Sebelum terakreditasi mahasiswa peminat hanya satu kelas. Tetapi setelah terakreditasi B, peminat terus meningkat. Tahun 2020 peminat dua kelas dan 2021 bertambah jadi tiga kelas.

Taaruf maba Ikom 2021 juga menghadirkan Pemimpin Redaksi Media Berita Kota Makassar, Andi Rustan, SS,M.Pd membawakan kuliah tamu tentang konvergensi media di era dunia digital.

Wartawan senior ini menjelaskan proses konvergensi Berita Kota Makassar, satu berita dapat dipublikasi pada empat platfon media.

Pada kebijakan konvergensi media Berita Kota, satu berita akan dipublikasikan pada Koran Cetak Berita, Portal Berita Kota Makassar, Video Berita Kota Makassar dan Youtube Berita Kota Makassar, kata magister pendidikan Bahasa Indonesia PPs-UNM ini.

Andi Rustan menantang maba Ikom 2021 mengirimkan karya tulis buat berita di media cetak, online dan videountuk dipublikasikan ke Berita Kota Makassar.

Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi FISIP Unismuh Makassar, Dr.H.Muh Tahir, M. Si, melaporkan, jumlah maba Ikom2021 mencapai 98 orang.

Maba itu berasal dari beberapa tempat ada dari Papua, Palu, Banjarmasin, Bima, Balikpapan, Kalimantan Utara,Sulbar dan Sulsel.

Para maba Ikom itu mendapat informasi prodi Ilmu Komunikasi lewat media sosial dan informasi dari keluarga danteman, kata Doktor Manajamen PPs-UMI Makassar ini.

Pada acara taaruf ini juga menampilkan karya seni dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi serta perkenalanpara dosen dan aktifis kampus dari himpunan mahasiswa Ikom.

Saat, ini kekuatan sumber daya dosen Ilmu Komunikasi 10 orang, dua berpendidikan doktor (Muh Tahir dan Muhammad Yahya). Tiga lanjut studi S3, Syukri, S.Sos, M.Si di Unpad Bandung, Dra. Diana Rina, M.Si dan DianMuhtadiah Hamna, S.IP, M.I.Kom di PPs-Unhas.

Dua dosen alumni magister komunikasi UGM yakni, Warda, S.Sos, M.Si dan Indah Pratiwi M, S.Sos, MA. Tigadosen alumni magister komunikasi Unhas, Ahmad Syarif, S.Sos, M.I.Kom, Arni, S.Kom, M.I.Kom dan Indah ElzaPutri, S.Sos, M.Si. (rls).

 98 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *