EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR—Dinas Sosial Gelar Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan. Ini upaya menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan di kalangan generasi muda atau remaja di era milenial  perlu terus dilakukan.

Dengan demikian, nilai kepahlawanan yang dipelopori oleh para pejuang bangsa tidak bergeser oleh kemajuan dampak teknologi era milenial.

Pertimbangannya, dikhawatirkan nilai kepahlawanan semakin luntur dan tidak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Lomba berlangsung 29 – 30 September 2021. Diikuti 30 SMA/SMK di Sulsel baik negeri maupun swasta yang digelar secara Daring  atau online.

Kegiatan diawali nyanyian Indonesia Raya. Tim yuri lomba diketuai Prof. Dr. Hj. Andi Ima Kesuma, Mpd. beranggotakan, Dr. Andi Suriadi Mappangara, MHum,  Dr Ilham, MHum, DR.M.Rasyid Richard, MHum. Asmunandar, SS, MM dipandu oMuhammad Agushari G.

Hari pertama tampil Tim dari SMA Athirah, SMA 1 Maros, SMA Islam Terpadu Bone, SMA 11 Bulukumba, SMK teknologi Makassar, SMA Tahfizul Al Iman Ashim, SMAs IMMIM Putri,  SMA Pinrang. SMA Gowa, Takalar, Jeneponto dan SMA Lutim. SMA Soppeng, SMM Bone, SMA Katholik, SMK Kehutanan, SMK Penerbangan, MA Babul Khaer Bulukumba, SMA Pinrang.

Tujuan lomba menambah wawasan pengetahuan kepahlwanan, keperintisan dan kesetiakawanan terhadap bangsa serta tanah air. Tujuannya, tersosialisasikan dan terpahaminya nilai kepahlawanan, keperintisan dalam implementasi dalam kehidupan sehari-hari.

Seluruh peserta lomba pada umumnya memberikan tulisan hasil penelitian kecil terkait dengan nilai-nilai kepahlawanan disesuaikan budaya konten lokal.

Ketua tim yuri, Prof Dr Hj. Andi Ima Kusuma. MPd mengatakan, lomba karya ilmiah kepahlawanan yang dilaksanakan Dinas Sosial Provinsi Sulsel patut diapresiasi.

Pertimbangannya, kata Andi Ima Kusuma, tujuannya agar mencoba menanamkan nilai-nilai semangat kepahlawanan dan keperintisan di kalangan generasi muda atau kaum milenial yang penuh dengan tantangan di era digital.

Karena itu keterlibatan para siswa-siswi SMA dan SMK dalam ajang lomba ini menunjukkan respon positif dengan banyaknya karya ilmiah yang masuk ke panitia lomba yang nantinya akan dipilih satu yang terbaik untuk kemudian diikutkan dalam lomba ajang tingkat nasional. (Nad/rls).

 98 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *