EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR—Untuk melaksanakan kuliah tatap muka, hingga saat ini pihak UMI masih menunggu rekomendasi dari Dikti, kata Wakil Rektor 1, Dr H Hanafi Ashad di Menara UMI, Rabu (29/9).

Menurut Hanafi, terkait pelaksanaan kuliah tatap muka, UMI sangatlah taat aturan. Pertimbangannya, syarat sebuah kampus boleh melaksanakan perkuliahan tatap muka sangatlah ketat.

Dikatakannya, baru-baru ini, WR III UMI, Dr H Nasrullah Arsyad,SH,MH selaku Ketua Satgas Covid-19 UMI telah menyurat ke Satgas covid kota Makassar dan Satgas Covid Provinsi Sulsel.

Langkah itu dilakukan, karena mengacu syarat dari Dirjen Dikti, syarat kuliah tatap muka, harus ada ijin satgas covid kabupaten/kota dan Satgas Covid Provinsi.

”Prinsipnya, kita tunggu rekomendasi dari Dikti. Bagi UMI, kemungkinan semester depan sudah ada rencana matang kuliah tatap.muka. Hanya saja, perangkat aturan dan mekanismenya wajib kita matangkan dulu,” ujarnya.

Hanafi mengemukakan, baru-baru ini Rektor UMI, menunjuk WR 1 segera bentuk tim dan menyusun Standard Operational Procedure (SOP) belajar tatap muka di UMI.

Rancangan sementara, kemungkinan besar ke depan tak ada lagi 100 persen persen kuliah tatap muka. Makanya, akan dibuat berbagai pola. Diantaranya skenario optimis, skenario pessimis serta keadaan paling terjelek.

Skenario-skenario itulah yang akan segera dituntaskan penyusunannya, sebagai acuan operasional kuliah tatap muka di UMI, tandas Hanafi.

Langkah lain yang dilakukan, belum lama ini, UMI aktif laksanakan vaksinasi bagi dosen dan karyawan. Kegiatan terbaru, pekan lalu selama dua hari 16-17 September 2021di Auditorium Al-Jibra, UMI gelar vaksinasi kerjasama LPkM,Fakultas Kedokteran UMI dan Urkes Polrestabes Makassar. Terdata 1.571 keluarga UMI termasuk mahasiswa dan masyarakat umum tervaksinasi.

”Vaksinasi digalakkan, selain menyukseskan program pemerintah mencegah covid-10 juga karena ada aturan dari Dikti. Untuk melaksanakan kuliah tatap muka, ada persyaratan jumlah prosentase mahasiswa telah divaksin yang harus dipenuhi UMI. Itulah sebabnya dalam waktu dekat mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 akan kita fokus vaksinasi,” tegas Ketua LPkM UMI, Prof Dr H Achmad Gani,SE yang juga mantan WR 3 UMI yang dikenal tegas namun humanis itu. (arf).

 88 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *