EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR—Alhamdulillah, Tim Pengabdian Internal UMI dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan diketuai Dr. Muhammad Ikhsan Wamnebo, S.Pi., M.Si dan Dr.Ir. Abdul Rauf, M.Si sebagai anggota melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM).

Jenis kegiatannya berjudul “Budidaya Kepiting Bakau di Pesisir Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep”.

Pelaksanaannya, Selasa 12 Oktober 2021 di Desa Tamangapa, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

Lokasi tersebut merupakan salah satu Desa Binaan Universitas Muslim Indonesia (UMI).
Desa Tamangapa berpenduduk sekitar 2000 jiwa, dikenal sebagai desa nelayan dan pembudidaya udang serta ikan.

Berdasarkan data, hampir 75% masyarakat desa ini berprofesi nelayan dan petani tambak. Khusus untuk perikanan budidaya, jenis komoditas perikanan yang dikembangkan selama ini, budidaya Udang Windu, Udang Vannamei, Ikan Bandeng, dan Ikan Nila.

Beberapa tahun terakhir, produksi perikanan budidaya di desa ini mulai mengalami penurunan produksi yang disebabkan menurunnnya daya dukung lingkungan (Carryng capacity).Untuk itu perlu diversifikasi dengan melakukan budidaya jenis komoditas perikanan lain, yakni kepiting bakau (Scylla spp).

Kepiting bakau merupakan salah satu jenis komoditas perikanan bernilai ekonomis penting karena memiliki nilai gizi penting dan sangat baik untuk Kesehatan.

Itu terbukti kandungan gizinya tinggi, antara lain tingginya kandungan protein, rendah lemak, mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Desa Tamangapa merupakan salah satu penghasil kepiting bakau di kecamatan Ma’rang melalui kegiatan penangkapan yang dilakukan sepanjang aliran sungai.

Hasil wawancara kami dengan nelayan penangkap kepiting bakau terungkap, dalam sehari setiap nelayan bisa menangkap sekitar 3 kg – 4 kg kepiting bakau. Kendala yang dihadapi, hasil tangkapan kepiting kadang berukuran kecil sehingga tidak dibeli pengumpul.

Hal yang paling merugikan, hanya terdapat satu pengumpul sehingga harga kepiting ditentukan pengumul/pembeli.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Tim Pengabdian Internal UMI dari Fakultas Perikanan danIlmu Kelautan diketuai Dr. Muhammad Ikhsan Wamnebo, S.Pi., M.Si dan Dr.Ir. Abdul Rauf, M.Si sebagai anggota melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “budidaya kepiting bakau di wilayah pesisir kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep”.

Tujuannya, memberikan pelatihan kepada petani tambak, tentang cara memproduksi kepiting pedaging, kepiting bertelur, dan kepiting lunak.

Kegiatan yang mendapat respon positif warga ini dihadiri Kepala Desa Tamangapa, H. Muhammad Ilyas, Kepala Pemerintahan Abdul Hamid, Kepala PMD Abdullah, Kepala Dusun, serta petani tambak dari Dusun Kalukue, Rappuala, Bawasalo dan Pitue.

Kepada Desa Tamangapa, H Muhammad Ilyas dalam sambutannya berterima kasih atas tingginya kepedulian UMI yang selalu memberikan perhatian terhadap upaya kemajuan warga Desa Tamangapa.

”Kami sangat mengharapkan, agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk membantu memberikan pengetahuan dan meningkatkan pendapatan masyarakat di desa yang dipimpinnya,” kata Muhammad Ilyas.

Sementara itu Ketua LP2S yang juga anggota tim dalam sambutannya menyambut baik keinginan Kepala Desa dan mengatakan, akan terus bersinergis dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk kesejahteraan masyarakat Desa Tamanga. Demikian, Muhammad Ikhsan Wamnebo, Dosen Budidaya Perairan UMI melaporkan. (hms).

 122 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *