EDUKASITERKINI.COM.MALINO—Tertundanya dua kali jadwal pelaksanaan Silaturahmi Nasional (SILATNAS) Alumni SMP Negeri 8 (SILATNAS SPENDEL) Makassar akibat pandemi mendapat atensi positif dari panitia pelaksana sebagai penerima amanah.

Untuk mendapatkan gambaran kongkret, apakah rencana SILATNAS dilanjutkan atau segera dihentikan, membuahkan gagasan perlunya Pra SILATNAS (pertemuan lintas angkatan) SPENDEL di Vila Gaharu, Malino, Gowa (16-17 Oktober 2021.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Panitia SILATNAS 2020-2021 SPENDEL, Ir Andi Yulham Malebbireng pada sambutan pertemuan Pra SILATNAS di Vila Gaharu, Malino, Sabtu malam 16 Oktober 2021. Turut beri sambutan singkat via video call, Ketum IKA SPENDEL,H Muhardi Zainuddin.

Pra SILATNAS dihadiri 140 alumni dari 17 angkatan. Hal yang menggembirakan, karena Asis,SH (alumni yang berkiprah di Jakarta) hadiri pra SILATNAS. Adapula alumni dari berbagai kabupaten.kota di Sulsel. Turut hadir tim guru/karyawan SPENDEL dipimpin Kepala Sekolah SMPN 8, Drs M Ruslan.

Setelah mendengar saran pendapat dari alumni lintas angkatan, akhirnya pertemuan Pra SILATNAS yang bernuansa kekeluargaan memutuskan, rencana dan rangkaian kegiatan SILATNAS dilanjutkan dan SILATNASdiupayakan maksimal terwujud di tahun 2022, tegas Andi Yulham.

Kepala SMPN 8, Drs M Ruslan saat sambutan berterima kasih atas kegiatan Pra SILATNAS ini. Pihaknya, sangat berharap ke depan alumni SPENDEL lebih bersinergi dengan pihak sekolah.

”Terus terang, kami merindukan wujudkan program Alumni Balik Kampus. Artinya, para alumni yang dinilai sukses datanglah ke SMP 8 berbagi kisah dan memotivasi adik-adiknya. Selain itu, ke depan, berbagai program alumni dan sekolah sangat perlu disinergikan. Alhamdulillah, kini ada program bersinergi dan sementara berjalan, yakni pembangunan Masjid Al-Amin SPENDEL dalam arael pekarangan sekolah,” ungkap M Ruslan.

Senada dengan itu, Sekjen IKA SPENDEL, Herawati menandaskan, untuk membangun dan meningkatkan sinergitas alumni dan sekolah, telah dirancang berbagai program. Termasuk akan mengundang alumni yang dinilai sukses dan layak berkisah di depan adik-adik dalam kelas. Semoga program itu dapat terwujud sesuai harapan bersama.

Sementara itu, Ketua IKA SPNDEL 87, dr Irwin Aras saat didaulat berbicara di forum Pra SILATNAS mengemukakan, di usia SPENDEL ke-44 dengan jumlah angkatan 41, itu menggambarkan betap besarnya potensi sumberdaya alumni SPENDEL.

”Sumberdaya alumni dari berbagai bidang profesi harus terdata baik dan diorganisir agar bisa menjadi sebuah kekuatan dahsyat demi pengembangan kualitas berbagai aspek di SPENDEL,” harap Irwin Aras yang juga mantan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (UBAYA) itu.

Ditemui terpisah usai menikmati sarapan Bubur Manado, Sekeretaris panitia SILATNAS, Leo mengemukakan, Pra SILATNAS bertujuan melahirkan kesepakatan status penyelanggaran program SILATNAS yang telah dua kali tertunda jadwal pelaksanannya akibat pandemi covid-19.

”Share input saran dari perwakilan angkatan yang berperan sebagai pilar utama suksesnya SILATNAS sangat urgent diketahui. Selanjutnya, jika forum menghendaki SILATNAS, konsekwensinya, panitia pelaksana sebagai penerima amanah, wajib berupaya maksimal mewujudkannya,” tandas Leo.

Berobsesi meningkatkan ikatan persaudarann, sebagai rangkaian kegiatan pra Silatnas itulah sehingga dalam rundown acara, diprogramkan berbagai pertandingan melibatkan lintas angkatan dan unsur sekolah.

Jenis kegiatannya, pertandingan Tenis Meja,catur,karoke,domino serta lomba masak nasi goreng. Aneka kegiatan itu hanyalah sebagai perekat persaudaraan dan aspek hiburan untuk meningkatkan imunitas tubuh di era pandemi covid-19, kata Leo. (arf).

 128 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *