EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR—Lions Club Makassar Rajawali (LCMR) kembali menggelar kegiatan bakti sosial menyasar masyarakat bawah. Aksi kemanusiaan digelar di Pantai Biru, Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Senin (18/10/2021) pagI hingga siang.

Dipimpin President LCMR Lion Sulina Wibawa didampingi VP1 Lion Yanuar Fachruddin dan PP Lion Juliani Jafar, para fellow lions dan volunteer yang hadir di lokasi baksos laksanakan sekaligus 3 (tiga) program kegiatan secara serempak, yakni Diabetes, Vision dan Environment.

Ketiga program yang bermaterikan pemeriksaan kesehatan (diabetes, tensi darah, mata) dan penyerahan bantuan sejumlah perlengkapan kebersihan (tong sampah, penggaruk sampah, karung sampah) disambut meriah dan penuh sukacita oleh puluhan masyarakat yang bermukim di Pantai Biru.

Untuk program diabetes yang dikoordinir Lion dokter Sulina Wibawa, tercatat sebanyak 50 warga pria-wanita berusia 30-74 tahun periksa kadar gula darah tubuh mereka.
Hasil pemeriksaan, 60 persen diantaranya memiliki kadar gula darah tinggi.

Kepada penduduk yang memiliki kadar gula darah tinggi sehingga berpotensi diabetes, diberikan penyuluhan agar menerapkan pola hidup sehat.

Selain itu,ada yang dirujuk ke Puskesmas agar mendapatkan obat-obatan medis guna menstabilkan kadar gula darah mereka.

Sementara untuk program Vision yang masih dalam rangka peringatan World Sight Day (15 Oktober 2021), dilakukan pemeriksaan mata.

Kegiatan itu dikoordinir dan diperiksa Lion Suliati — dokter spesialis mata, terhadap sejumlah warga berusia lanjut penderita katarak, dan juga kalangan anak-anak.

Seorang remaja berusia 14 tahun yang mengalami kondisi serius di matanya, Lion Suliati merujuk ke tempat prakteknya di Orbita Makassar untuk diperiksa mendetail dan mendapatkan pengobatan gratis, serta juga 1 kacamata berkualitas sangat baik akan disiapkan LCMR.

Selain kadar gula darah dan mata, dilaksanakan pula pemeriksaan tensi darah dikoordinir Lion Theresia Tumbelaka dibantu Lion Nirmasari dan Lion Yuliarti serta Lion Nelly Wuisan. Sekitar 50 warga berusia 30-72 tahun yang datang memeriksakan dirinya. Hasilnya, sebanyak 5 persen bertekanan darah ytinggi dan merekapun diberikan penyuluhan.

Usai pemeriksaan kesehatan, dilanjutkan Environment yang dilakukan para fellow LCMR dengan menyerahkan bantuan perlengkapan kebersihan.

Diantaranya, 5 buah tong sampah, 10 karung sampah, 10 sendok penggaruk sampah, dan sejumlah brosur kesehatan mata.

Penyerahan bantuan itu dilakukan berturut-turut oleh President Lions Club Makassar Rajawali Lion Sulina Wibawa, VP1 Lion Yanuar Fachruddin, PP Lion Juliani Jafar, dan Lion Suliati Amir.

Bantuan diterima Ketua RT.03, RW.06, Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Jalil Dg Bali dengandisaksikan sejumlah warganya.

Sejumlah fellow Lions Club Makassar Rajawali yang turut hadir menyukseskan kegiatan baksos ini yakni Lion Laela Samad, Lion Conny Mappakaya, Lion Ira Suryani, Lion Abdi, Lion James W, Lion Surya, Volunteer dr Lily Ridwan dan Irwan Husain. Aksi kemanusiaan itu diakhiri makan siang bersama menikmati makanan sehat yang disajikan penduduk setempat. (rls).

 99 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *