EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR—Alhamdulillah, sebagai Lembaga Pendidikan dan Dakwah, UMI yang kini menyandang akreditasi INSTITUSI UNGGUL terus melakukan berbagai inovasi.

Salah satu gagasan terbaru, saat ini terus berikhtiar, agar dalam waktu dekat membuka Program Studi (prodi) spesialis pada Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Kesehatan Masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan Rektor UMI, Prof Dr H Basri Modding pada wisuda periode II tahun 2021 secara online dan luring hari ketiga yang dipusatkan di Hotel Claro, Selasa (26/10).

Hadir Ketua Pembina Yayasan Wakaf (YW) UMI, Prof Dr H Mansyur Ramly, Ketua Pengurus YW UMI, HM Mokhtar Noer Jaya, Anggota Senat UMI, orang tua wisudawan.

Di hari ketiga ini, jumlah wisudawan 1.301 dari 9 fakultas. Diantaranya, Fakultas Agama Islam (62),Hukum (466), Pertanian (105), Ilmu Komputer (103), Kesmas S1 (169), Kesma D3 Kebidanan (22),Kesmas Profesi Ners (52), Farmasi S1 (185) dan Farmasi Profesi apoteker (137).

Sebelumnya di hari kedua wisuda, Senin (25/10) diwisuda 1.206 dan khusus wisudawan hari pertama, Sabtu (23/10) sebanyak 1.036. Dengan demikian total wisudawan UMI periode II tahun 2021 sebanyak 3.543 orang.

Dikatakannya, saat ini UMI membina 13 fakultas dan program Pascasarjana dengan 58 Program Studi terdiri 34 Prodi S1,3 prodi Diploma 3, 6 program profesi dan 11 program magister serta 4 program doktor. Tercatat 9 prodi akreditasi unggul,13 prodi akreditasi A,35 akreditasi B dan 1 akreditasi C, masih sementara proses.

Rektor menandaskan, alumni UMI itu memiliki keunggulan sebagai sumber daya manusia bermartabat, memiliki karakter moral dan juga karakter kinerja dengan 4 komptensi. Diantaranya, berfikir kritis,kreatif,komunikatif dan kerjasama. Inovatif,mampu berdaya saingdan berkarya dengan karakter Islam.

Selain itu miliki pengetahuan dan skill relevan, termasuk technikal and vocational skills, terampil memasuki dunia kerja dan miliki jiwa entrepreneur.

Dibagian lain, rektor mengemukakan, UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah,terus posisikan diri sebagai Perguruan Tinggi terkemuka.

Terbukti dari berbagai capaian yang digapai. Terbaru, 29 September 2021, UMI ditetapkan perguruan tinggi pertama di luar Jawa terakreditasi INSTITUSI UNGGUL. Itu tertuang dalam SK BAN-PT No:859/SK/BAN-PT/AK- ISK/PT/IX/2021, kata Basri Modding.

Selain itu, 14 Oktober 2021, UMI untuk kedua kalinya kembali meraih penghargaan sebagai PTS di wilayah Sultanbatara pada acara award LLDIKTI Wilayah IX. Sebelumnya, tahun 2020 UMI juga terima penghargaan sebagai PT terbaik dari LLDikti Wilayah IX.

UMI juga meraih prestasi menempati posisi 64 dalam klasterisasi PT dari 2.136 kampus se-Indonesia menempati rangking 69 dari seluruh PT di Indonesia dalam pemeringkatan Kemenristekdikti Science andTechnology Indeks (SINTA) serta menempati posisi 98 Perguruan Tinggi Islam terbaik dunia versi Unirank, tandas rektor.

Sebelumnya, Kepala LLDikti Wilayah IX, Prof Jasruddin,M.Si saat sambutan mengemukakan, mengacu pada kinerjaselama ini, perguruan Tinggi UMI memang layak dapat bintang atau predikat INSTITUSI UNGGUL di luar pulau Jawa.

Predikat Unggul (excellent) dari BAN-PT tersebut, lanjut Jasruddin, tentulah diperoleh berkat kerja keras. Itu sangat dipengaruhi leadership internal di UMI. Kesukses rektor saat ini, sesungguhnya merupakan bagian dari kesuksesan rektor sebelumnya.

Lebih jauh, Jasruddin yang juga mantan Ketua Program Pascasarjana UNM itu menegaskan, UMI itupunya sinar dan diharapkan kelak, sinar itu jadi ”Matahari’ yang sinarnya tak pernah redup, karena merupakan sumber cahaya.

Energi cahaya itu layaknya dibagi ke perguruan tinggi lain. Keberhasilan UMI , jika suatu ketika UMI juga mampu melahirkan PT unggul di luar Jawa. Keunggulan itu identik kecerdasan dan kreatifitas, ujarnya.

”Nah orang yang keluar atau dilahirkan dari Perguruan Tinggi unggul, diyakini SDM-nya pasti punya keunggula dan kecerdasan. Kepada wisudawan UMI, jika ingin sukses dimana-mana, modal besar yang harus dijaga adalah jaringan (networking),” pesan Prof Jasruddin. (arf).

 132 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *