EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR—Fakultas kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muslim Indonesia (UMI) akan gelar peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) tahun 2021 secara online dan offline.

Kegiatan yang akan terselenggara itu kerjasama FKG UMI dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) YW UMI dan disupport Unilever ini akan diwarnai Webinar Nasional dan Konsultasi Gratis bagi masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana, drg. Muhammad Fajrin Wijaya, M. Kes, Rabu (27/10/2021) mengungkapkan, webinar Bulan Kesehatan Gigi di FKG UMI akan berlangsung dua hari dengan dua tema berbeda.

Tahap pertama, Sabtu 23 Oktober 2021 bertema webinar ‘Gigi dan mulut sebagai jendela kesehatan tubuh, Fiqh Wiqoyat sebagai konsep preventif Islam dalam kedokteran gigi’.

Selanjutnya, hari ke dua Minggu, 24 Oktober 2021 bertema ”Kenali Mulutmu Sejak Dini, Cermin Sehatmu,: The Art and Science of Class 2 Composite Restoration,”ungkapnya.

Khusus konsultasi kesehatan gigi dan mulut gratis online, kata drg. Muhammad Fajrin Wijaya, berlangsung tiga hari dengan dua sesi konsultasi setiap harinya.

“Hari pertama, Jumat (3/12/2021), lanjut Senin, 6 Desember 2021 dan Selasa, 7 Desember 2021,” tuturnya.

Dekan FKG UMI Prof. drg. Moh. Dharma Utama, Ph.D., Sp.Pros(K) mengatakan, kegiatan Bulan Kesehatan GigiNasional ini juga wadah mengaktualisasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat.

“Penyakit gigi dan mulut, terutama karies hingga saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang utama di kalangan masyarakat Indonesia. Data dari Riskesdas, tahun 2018 menunjukkan rata-rata angka DMF-T di Indonesia 7,1. Sementara hanya 10,2% dari 57,6% yang mengaku memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut telah mendapatkan pelayanan medis gigi,” tuturnya.

Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut terutama di masa pandemi covid-19, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, mengaktualisasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat,” sambungnya. (rls).

 108 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *