EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR—Tanggal 12 November 2021, momen bersejarah bagi Fakultas Sastra UMI. Prinsip berdemokrasi telah diterapkan di kampus ini sebagai minatur sistem Demokrasi dalam satu negara juga mewarnai setiap masa pergantian pejabat atau pimpinan fakultas dalam lingkup UMI.

Sastra UMI dalam pengaplikasian nilai demokratisasi kampus ini melibatkan unsur SDM khususnya dosen setiap prodi dalam fakultas. Salah satu aktivitas yang unik sebelum periode masa kepemimpinan berakhir,Senat fakultas Sastra yang dipimpin Prof. Dr. H. Muhammad Basri D,M.Hum yang juga Dekan Fakutas Sastra bersama anggota senat telah memilih Panitia Penjaringan dari Dosen dari Anggota Senat.

Panitia terpilih dianggap kredibel layaknya KPU yang ditetapkan dan di SK-kan Rektor untuk melaksanakan proses yang berlangung jujur, adil dan damai sesuai peraturan dan tata tertib pemilihan bakal calon (balon) yang ditetapkan Pimpinan UMI.

Komposisi Panitia Penjaringan Balon Fakultas Sastra Tahun 2021, Dr. Surani, S.Ag,M.Ag sebagai Ketua Pantia, Abd. Majid, S.Sos.I., M.Si sebagai Sekretaris, Anggota, Prof. Dr.Kaharuddin, M.Hum, Dr. Hj. Sitti Rabiah, Dr. Agus Slim Bedu Malla dan bagian Sekretariat dari Staf Pegawai Fakultas Sastra Ir. Ibrahim Azis, M.Si.

Hingga saat ini Panita Penjaringan telah bekerja dan berusaha sukseskan pesta demokrasi Fakultas Sastra beberapa minggu terakhir ini.

Dalam keterangannya Dr.Surani, S.Ag,M.Ag, yang didampingi sekretaris, Abd. Majid.S.Sos. dan anggota menegaskan, setelah kami ditetapkan dan mendapat Surat Keputusan panitia dari Rektor. Kami langung bekerja.

”Hasilnya, hingga beberapa pekan ini telah persiapkan rangkaian proses penjaringan. Kami bekerja dengan tim dengan dengan terbuka dengan mengikuti jadwal serta berpedoman pada peraturan yang ditetapkan Universitas,” ujarnya.

Dikatakannya, panitia tidak akan ada keluar dari persyaratan dan mekanisme yang ada. Kami berkeja tim dengan penuh kebersamaan dan perinsip demokrasi dan memberikan kesempatan kepada Dosen terbaik Fakultas Sastra bersaing menjadi orang nomor satu di Fakultas Sastra UMI Masa Amanah 2022-2026.

Sekretaris Panitia Abd. Majid, S.Sos.I.,M.Si menambahkan, pihak Panitia bekerja kolektif kolegial dengan harapan melaksanakan proses Penjaringan Bakal Calon Dekan Fakultas Sastra UMI yang Demokratis.

”Semoga hasilnya menjadikan Fakultas sastra makin maju dalam segala hal. Salah satu tahapan yang telah dilakukan, memberi kesempatan tiap Prodi di Fakultas Sastra UMI musyawarah dan mufakat dan mengusulkan, satu hingga 3 nama Dosen kredibel menjadi Bakal Calon Dekan. Selanjutnya mendaftar mengikuti seleksi bakal calon pada level fakultas Sastra UMI,” kata Majid.

Setelah itu, kata Majid, Panitia mengakomodasi usulan Prodi dan menyurati Dosen yang disulkan prodi untuk mendaftarkan diri dan membuat peryataan kesediaan dan tidak akan mengundurkan diri sebagai bakal calon selama proses penjaringan berlangsung.

”Hasilnya Alhamdullah hingga Jumat, 12 November 2021 tepat pukul 10.30 yang merupakan hari terakhir pendaftaran, panitia telah menerima empat bakal Calon (balon) Dekan,” ungkap Majid.

Pendaftar pertama Dr. Nurjannah Abna, M.Pd (Dosen Prodi Sastra Arab), Pendaftar ke dua Dr. Abdollah, MM., M.Pd (Dosen Prodi Sastra Inggris), pendaftar ke tiga, Dr. Rusdiah.,M.Hum (Dosen Sastra Inggris) dan pendaftar ke empat Dr. H.Muliadi,M.Hum (Dosen Sastra Indonesia).

Masing –masing balon menyatakan siap dan bersedia mengikuti tahapan penjaringan sesuai kententuan panitia. Tahapan berikutnya,proses seleksi dan verifikasi berkas untuk Penetapan Balon yang memenuhi kriteria yang akan digelar pada pemilihan Balon 24 atau 25 November 2021.

”Pimpinan Fakultas dan Panitia akan menyampaikan surat panggilan secara resmi dan berharap agar sumua dosen yang memiliki hak suara ikut berpartisipasi dalam pemilihan. Tentunya tetap mengikuti/mematuhi protokol kesehatan ketat. Semoga momen demokrasi ini berjalan lancar, humanis, jujur dan adil dalam bingkai ukhuwah Islamiah,” harap Abd. Majid. (arf/red).

 110 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *