EDUKASITERKINI.COM.JENEPONTO—Sejumlah tenaga Penyuluh Keluarga Berencana yang bertugas di pelosok desa Jeneponto tiga tahun terakhir ini ramai ramai lanjut studi S1 Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Terbuka (UT).

Pilihan lanjut studi jenjang strata satu di prodi Ilmu Komunikasi, guna menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan tugas rutin dengan profesi selaku tenaga penyuluh lapangan bidang Keluarga Berencana(KB).

Salah seorang mahasiswa, Hikmawati Amin, Sabtu (13/11/2021) menegaskan, pilihan kuliah di UT karena tuntutan profesi selalu tenaga penyuluh lapangan KB yang butuh penguasaan teori dan strategi dalam penyampaian pesan.

Strategi penyampaian pesan dan media komunikasi terbaru harus setiap saat disesuaikan tuntutan perubahan di masyarakat yang begitu cepat, tandas Penyuluh KB di Desa Banrimanurung Kecamatan Bangkala Barat Jeneponto ini.

”Pada awal perkuliahan terasa mudah dan menyenangkan tapi dengan berjalannya waktu selain kesibukan dan tuntutan pekerjaan yang sibuk merupakan beban tersendiri bagi kami ”, ungkap wanita kelahiran Wajo, 1 November 1981 ini.

Proses pembelajaran berjalan sesuai standar akademik dengan tenaga tutor di UT setiap saat mendorong dan memotivasi mahasiswa belajar mandiri, kata alumni Sekolah Perawat Kesehatan Makassar 1999.

Para tutor yang sudah berpengalaman mengajar Perguruan tinggi ditambah praktisi media massa salah satu pemicu selalu berusaha mengikuti proses perkuliahan agar selesai tepat pada waktunya, tandas Hikmawati yang mulai jadi tenaga PNS di Jeneponto sejak 2014.

Mahasiswa Komunikasi UT lainnya, Isdar, mengaku obsesi kuliah di PTN UT, karena kampus negeri dan mata kuliah serta pata tutor berpengalaman dapat menunjang meningkatkan kualitas profesi selaku tenaga Penyuluh KB yang juga alumni MAN I Kendari 1996 ini.

Kerja sambil kuliah tepat pilih kuliah di UT apalagi dengan profesi tenaga penyuluh dan memilih Prodi Ilmu Komunikasi ada singkronisasi antara praktek dan teori komunikasi dipadukan. Tenaga Penyuluh KB di Desa Tarowang dan Desa Bonto Rappo Jeneponto ini.

Mahasiswa semester VII Prodi Komunikasi UT Pokjar Jeneponto Arman, menambahkan saat ini ada 40 tenaga Penyuluh KB se-Kabupaten Jeneponto yang memilih lanjut kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi UT.

Mahasiswa dari para Penyuluh KB ini ada yang sudah semester VII dan semester V. Kuliah di UT cukup menyenangkan karena diperhadapkan pada pengetahuan dan pemahaman teori-teori komunikasi yang sebenarnya secara praktis telah di jalani di tengah masyarakat, ungkap tenaga Penyuluh KB di Jeneponto ini. (rls).

 90 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *