MAKASSAR.EDUKASITERKINI.COM—Dosen Program Studi (Prodi) Sastra Arab UMI, Dr. Hj Nurjannah Abna, SS, M.Pd salah satu calon Dekan Fakultas Sastra UMI (FS) masa amanah 2022-2026. Dia ditetapkan sebagai calon Dekan Sastra dengan nomor urut 3.

Pejabat Kepala Humas, Protokoler dan Kerjasama UMI ini jauh hari sebelumnya telah menyusun rencana visi dan misinya selama masa jabatan jika dia ditakdirkan terpilih menjadi dekan di fakultas yang berdiri sejak 1987 itu.

Seluruh visi misi yang telah terjabarkan dalam program jangka pendek, menengah dan panjang itu tersusun rapi.

Dosen perempuan UMI yang cukup dikenal diberbagai kalangan pada beragam kelompok organisasi ini memiliki visi besar.

Diantaranya, Menjadikan Fakultas Sastra UMI Terkemuka, Unggul, Berbudaya dalam Penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi di Era Global secara berkelanjutan berlandaskan nilai ajaran Islam.

“Visi terkemuka, unggul dan berbudaya mengamanahkan dua nilai, yakni mengembangkan kapasitas kompetitif dan menjunjung tinggi etika moral,” kata Nurjannah Abna saat ditemui di tengah kesibukannya sebagai akademisi, Selasa (23/11/2021).

Mantan Sekretaris Tim Seleksi Komisioner Bawaslu Sulsel ini memiliki empat misi yang menjabarkan visi besarnya di atas. Pertama, Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkualitas, berbudaya relevan dengan

perkembangan IPTEKS untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetetif berlandaskan nilai keislaman.

Kedua, Menghasilkan penelitian dan pengabdian yang bermutu, inovatif dan berdaya saing yang berorientasi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Ketiga, menyelenggarakan tata kelola berbasis good governance dalam bingkai jamaah yang berorientasi pengembangan kelembagaan, kualitas SDM dan sarana prasarana,” bebernya.

Keempat, membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam dan luar negeri, dan kelima publikasi ilmiah di jurnal bereputasi nasional dan internasional,” sambung pejabat penting di berbagai organisasi kemasyarakatan dan keperempuanan.

Selama memimpin nantinya, kata Kak Jen, sapaan akrab dari rekan-rekan aktivisnya, akan memegang lima prinsip kinerja yakni Collective Collegial (jamaah), Botton Up-Top Down, Komunikasi Empati, dan Motivasi serta amanah.

“Penggunaan anggaran yang transpran dan akuntabel, setiap tahun ada pertanggungjawaban program dan keuangan), kepemimpinan yang menganut prinsip top-down dan bottom-up di semua lini dengan menegakkan kebenaran, kejujuran dan keadilan dalam bingkai colectif collegial,” tuturnya.

Nurjannah Abna yang juga asesor Beban Kerja Dosen (BKD) itu menambahkan, kepemimpinan yang akan dibangun adalah manajemen berjamaah dan sinergi, mengutamakan kebersamaan. Pola kepemimpinan ini

terbangun saling mendukung, saling percaya komunikasi terbuka, terjalin pola hubungan yang erat baik vertikal maupun horizontal.

“Komunikasi empati, komunikasi yang menunjukan adanya saling percaya, kepercayaan yang bijak dan cerdas

akan mewujudkan dinamika atas perubahan yang diharapkan. Motivasi, aspek yang sangat penting untuk mendorong kita dalam menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab untuk keselamatan dunia akhirat,” imbuh mantan Wakil Ketua KNPI Sulsel, periode 2007-2010 itu.

Dalam perencanaan program, Nurjannah Abna membagi ke dalam empat poin yakni Penguatan tata Kelola, penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dalam peningkatan kualitas akreditasi, meningkatkan implementasi

kerjasama, dan implementasi secara berkelanjutan melanjutkan penguatan, pengembangan dalam merespon tantangan di era global.

“Program kerja 4 tahun ke depan merupakan unsur yang penting dan tidak terpisahkan, tetapi merupakan suatu kesatuan yang saling terkait. Semua program berorientasi mutu secara berkesinambungan yang bermuara pada kemaslahatan ummat. Khaerun nas fanfauhum linnas,” kata Nurjannah yang juga pengurus Dewan Masjid Indonesia itu seraya mengatakan, setelah berupaya ekstra, langkah terakhir menyerahkan sepenuhnya keputusan akhir pada Allah Swt. (arf).

 104 total views,  2 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *