MAKASSAR.EDUKASITERKINI.COM—Kantor Urusan Internasional (KUI) UMI gelar kuliah tamu secara virtual melalui zoom meeting. Kuliah tamu ini menghadirkan, Ir. Arifin Tasrif, MSc. MM. PhD.

Narasumber merupakan, Chief Negotiator of SPS on Indonesia-European Union CEPA (I-EU CEPA) dan juga dosen pada Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

Kuliah tamu ini dibuka oleh Dr.Ir. Ayu Kartini Parawansa, MP yang juga Kepala KUI UMI.
Kuliah tamu, Jumat sore, 3 Desember 2021 bertema “Tantangan Perlindungan Tanaman Menghadapi Perubahan Iklim di Era Industri 4.0”.

Terdapat 75 peserta hadir dalam kegiatan tersebut yang berasal dari kalangan dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian UMI.

Saat paparan, Arifin Tasrif mengemukakan, dampak perubahan iklim di sektor pertanian sudah sangat jelas terlihat beberapa tahun terakhir. Perubahan iklim ini secara langsung maupun tidak langsung memberikan efek pada produksi pertanian.

Tentu saja berdampak pada kehidupann sosial ekonomi masyarakat. Akibat perubahan iklim, hama yang dulunya hidup di alam, sekarang menjadi hama di daerah pertanian karena tidak mampu lagi hidup di lingkungannya karena peningkatan temperature,” ungkapnya.

Wakil dekan III Fakultas Pertanian UMI Dr. Ir. H Mahir S. Gani, M.Si mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini yang dikemas apik KUI UMI. Ayu Parawansa.

Sebelum menutup kuliah tamu ini, Mahir S Gani mengungkapkan, kegiatan ini merupakan sesi pertama dari kegiatan KUI sebagai rangkaian kegiatan akademik penutup tahun 2021.

“Insya Allah guest lecture internasional akan Kembali dilaksanakan KUI awal 2022,” tandas Bu Ayu, sapaan akrab kepala KUI UMI ini. (rls).

 107 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *