EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR—Pengurus Daerah (PD) Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Sulawesi- Selatan (PAFI Sulsel) Sukses gelar kegiatan WPK, Sabtu-Minggu, 4-5 Desember 2021 di Makassar Workhshop Peningkatan Kompetensi dilaksanakan PP. PAFI kerjasama PD. PAFI dan PC. PAFI se-Indonesia.

Ketua Pengurus Daerah PAFI Sul-Sel, Dr. Hj. Nurisyah, M.Si. Apt. mengatakan Sertifikat kompetensi syarat mutlak bagi tenaga kesehatan untuk dapat masuk ke dalam dunia kerja sebagai jaminan mutu dari tenaga kesehatan tersebut.

Berdasarkan UU No. 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan, Sertifikat Kompetensi (Serkom) itu, surat tanda pengakuan Kompetensi Tenaga Kesehatan untuk dapat menjalankan praktik di seluruh Indonesia setelah lulus uji Kompetensi. Lulusan S1 Farmasi yang berminat menjadi TTK wajib memiliki Serkom,”tuturnya.

Wakil ketua PD PAFI Sulsel, Raymundus Chaliks, S.Si.,M.Sc., Apt., menambahkan, WPK ini kegiatan kedua setelah kegiatan Agustus lalu. Diharapkan hasil Workshop Peningkatan Kompetensi ini jauh lebih bagus, Mengingat kesiapan panitia yang lebih baik.

Berbagai perbaikan dari panitia terkait kendala soal, baik ujian tulis dan praktek sudah ada revisinya. Itu merupakan hasil evaluasi dari pengurus PD dan PC.

Untuk memperoleh STRTTK seorang tenaga teknis kefarmasian harus memiliki serkom. Untuk dapat serkom, lulusan S1 Farmasi harus mengikuti ujian kompetensi yang dilakukan dalam bentuk Workshop Peningkatan Kompetisi (WPK) dan dinyatakan lulus, melalui tahapan webinar, ujian tertulis dan ujian praktek.

Ketua panitia pelaksana WPK, Supardi, Amd. Farm, berharap kiranya seluruh peserta lolos dan mendapatkan sertifikat keahlian, sehingga kelak tenaga farmasi bisa kompeten dan siap bersaing di dunia kerja. Ujian kompetensi ini betul-betul lulusannya disiapkan sesuai profesi di lapangan kerja nantinya.

Pihaknya berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dan mohon maafjika ada kekurangan. Demikian Takdir Ilaahi, Biro Hubungan Masyarakat PD. PAFI Sulsel melaporkan. (rls).

 165 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *