MAKASSAR.EDUKASITERKINI.com—Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) UMI laksanakan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM).

Kegiatan dilaksanakan Tim Pengabdi Dosen Fakultas Pertanian UMI yang diketuai Dr. Ir. Nurliani, MS. dan anggota Dr. Ir. St. Sabahannur, MP. Pelaksanaan berlangsung 8 bulan, Mei hingga Desember 2021.

Aktivitas ini bentuk implementasi program Tri Dharma Perguruan Tinggi berwujud Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) “Pengembangan Usaha Sayuran Hidroponik Melalui Teknologi Greenhouse dan Competency Based Training (CBT)” di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

Nurliani, Ketua pelaksana PKM mengungkapkan, PKM ini program peningkatan potensi masyarakat, fokus pada mitra sasaran yang mengarah di bidang ekonomi produktif. Diantaranya, kelompok usaha pemula (start-up) sayuran hidroponik sebagai calon wirausaha baru.

Program Kemitraan Masyarakat pada Kelompok Usaha Hidroponik di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar merupakan salah satu solusi untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi tentang pengelolaan sayuran hidroponik menggunakan greenhouse.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat menggunakan greenhouse pada sayuran hidroponik. Khususnya kelompok usaha pemula hidroponik, meningkatnya kualitas dan kuantitas produksi sayuran hidroponik, seperti kangkung, bayam, selada, dan packchoy, sehingga dapat meningkatkan omset penjualan, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, St. Sabahannur mengatakan, Teknik budidaya sayuran yang menggunakan sistem hidroponik, selain tidak membutuhkan lahan yang luas juga tanaman tumbuh dengan cepat sehingga dapat dipanen dalam waktu singkat.

Sayuran hidroponik memiliki peluang pasar yang cukup menjanjikan, khususnya untuk segmentasi pasar konsumen yang mengutamakan kualitas, kandungan gizi dan higienis. Kegiatan Kemitraan Masyarakat (PKM) ini juga melibatkan 2 mahasiswa dari program studi Agroteknologi dan Agribisnis Fakultas Pertanian UMI, tutupnya. (rls).

 107 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *