MAKASSAR.EDUKASITERKINI.COM—Tim Peneliti Fakultas Sastra (FS) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Aula FS UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Senin (20/12/2021).

Tim peneliti Dosen Fakultas Sastra UMI yang diketuai Dr. Kasma F Amin, M.Pd ini beranggotakan Dr. Muliadi, M.Hum., Ainul Alim Rahman, M.T, serta dibantu 3 orang mahasiswa. Peserta sosialisasi ini, mahasiswa semester lima FS UMI.

Dalam keterangan resminya, Kasma F. Amin, Jumat (24/12/2021), kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil penelitian tentang Merdeka belajar Kampus Merdeka yang mengambil sampel penelitian di UMI.

“Penelitian yang berjudul Implementasi Program MBKM berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU-7) pada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneaia,” kata Akademisi FS UMI yang telah menghasilkan banyak buku itu.

Kasma F. Amin memaparkan hasil penelitian yang menunjukkan masih kurangnya implementasi tentang Merdeka Belajar berbasis IKU-7.

Dikatakannya, IKU-7 adalah pembelajaran kelas kolaboratif dan partisipatif dengan metode case metode dan tim base project.

“Dari 10 mata kuliah terdapat 5 yang telah menerapkan kelas kolaboratif dan partisipatif berbasis masalah. Mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan juga bekum menguasai program Merdeka Belajar karena masih kurangnya sosialisasi secara luring,” bebernya.

Hal ini, kata Kasma F Amin, dikarenakan adanya PPKM, sehingga sebagian besar mahasiswa tidak mendapatkan informasi tentang MBKM yang dicanangkan oleh Kemendikbud-ristek.

“Termasuk 8 program merdeka belajar yang setiap semester menfapatkan bantuan dari Kemendikbud untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dan dosen,” imbuhnya.

“Implementasi program Merdeka Belajar perlu sosialisasi secara luring kepada dosen, Mahasiswa, dan tendik guna memberikan manfaat program pemerintah secara langsung pd mahasiswa dan dosen ,” sambung, Kasma F Amin. (rls).

 95 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *