MAKASSAR.EDUKASITERKINI.COM—Dosen Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Dr Ir Hj Rosada,M.Si melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) sejak 10 Oktober 2021 lalu.

Dalam kegiatannya, Dr. Ir. Hj. Ida Rosada, M.Si. didampingi Dr. Ir. Hj. Saida, M.Si. yang merupakan tenaga pengajar di Program Studi Agribisnis FP UMI.

Kegiatan PkM ini menyasar Kelompok tani dan kelompok wanita tani Bulo Sibatang di Desa Pucak Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros.

Dr. Ir. Ida Rosada selaku Ketua dalam keterangan resminya, Rabu (20/10/2021) mengungkapkan, ide untuk menyasar Kelompok tani Bulo Sibatang didasari pada permasalahan, masih rendahnya produktivitas jagung yang

ditanam. Pasalnya, kesuburan tanah rendah dan serangan hama serta penyakit dan belum ada upaya teknologi pasca panen yang dilakukan.

“Kegiatan bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat khususnya kelompok tani Bulo Sibatang dalam memanfaatkan teknologi budidaya pada tanaman jagung dan teknologi pasca panen jagung.” jelasnya.

“Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Program PkM Bagi Masyarakat ini, penyuluhan, pelatihan, demplot, dan pendampingan.” sambungnya. .

Luaran yang diharapkan, produksi jagung meningkat, teknologi pasca panen jagung, serta publikasi ilmiah, harapnya.

Petani belum sepenuhnya menerapkan teknologi budidaya jagung dan sistem pascapanen. Kegiatan ini sangat membantu petani dan mereka umumnya antusias mengikuti kegiatan tersebut.” tutupnya. (rls).

 98 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *