EDUKASITERKINI.COM.PANGKEP— Penguatan Kelembagaan dan Pemasaran Produksi Bumdes Mandiri Desa Pitusunggu Kecamatan Ma‚Äôrang, Pangkep, adalah Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan pengabdian hasil penelitian tahun 2019-2021.

Demikian Ketua Tim PKM Unismuh Makassar yang melaksanakan kegiatan di Desa Pitusunggu Pangkep, Arief Muhsin, S. Pd, M.Pd, Jumat 24 Desember 2021.

Dijelaskan, PKM bertujuan memecahkan permasalahan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang kesulitan pemasaran hasil produksi.

Anggota Bumdes hanya memasarkan hasil diversifikasi olahan rumput laut dan Ikan bandeng secara manual di daerah disekitar dengan menunggu pesanan dari pembeli.

Selain itu, anggota Bumdes mengemas produksi olahan dengan cara tradisional dan belum memanfaatkan teknologi.

Melalui program pengabdian ini, tim pengabdi dari Unismuh Makassar membuat program modernisasi pengemasan produksi dan pengembangan diversifikasi rumput laut berupa kue Brownis. Kegiatan ini kerjasama penggiat UMKM, kelompok POSKO, tandasnya.

Seain itu, tim pengabdian merancang e-commer satau lapak online bagi mitra pengabdian Bumdes Mandiri. Lapak online ini digunakan menjual aneka olahan rumput laut dan ikan bandeng yang diproduksi oleh mitra, katanya.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian dimulai 19 Desember hingga 28 Desember 2021. Dalam pengembangan pemasaran, mitra juga dilatih menggunakan aplikasie-commers untuk memasukkan gambar produksi berbagai olahan rumput laut dan olahan ikan bandeng.

PKM memberikan juga pelatihan penggunaan media social sebagai media advertising atau promosi seperti facebook, youtube, twitter, instalgram, dan linked in, ungkapnya.

Terima kasih kepada Ditjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbus dan Pendidikan Tinggi telah memberi hibah pengabdian dalam bantuan pendanaan program penelitian kebijakan MBKM dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian PTS 2021 Program Pengabdian Kepada Masyarakat. (rls)

 94 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *