EDUKASITERKINI.COM. JAKARTA–Kebijakan yang dibangun dan dikembangkan Universitas Terbuka (UT) bertitik tumpu pada mahasiswa. Permasalahan mahasiswa UT berbeda PTN lain, karena UT memiliki berbagai macam latar belakang mahasiswa.

Penegasan tersebut dikemukakan Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D, saat membuka pelatihan “Pembangunan Terkini Sumber Daya Dosen untuk PTN BH UT.”, Senin 17 Januari 2022.

Dijelaskan, karena bertumpu pada mahasiswa,harus dikawal baik. Salah satunya persiapkan bahan ajar yang bagus sebagai sumber utama mahasiswa UT. Berbagai layanan juga telah UT berikan. Diantaranya LSS (Learner Suport Services). Program ini terbentuk dari hasil pemikiran matang, terutama keinginan membangun UT.

Kegiatan ini juga diharapkan, tenaga pendidik memahami hakikat UT sebagai PJJ sehingga bisa berkontribusi secara optimal, katanya.

Acara secara daring aplikasi Zoom ini dihadiri Rektor UT, Wakil Rektor, Kepala Unit, Dekan, Wakil Dekan, Guru Besar Emeritus UT Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc. selaku narasumber serta 214 dosen UT.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Profesi UT, Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si, saat laporan mengatakan, peserta pelatihan 214 dosen. Diantaranya 133 dosen baru dan pindahan dan 81 dosen lama. Tujuan pelatihan, meningkatkan keunggulan Dosen dalam bidang PJJ.

Prof. Atwi Suparman saat paparan mengatakan, perjalanan UT sehingga seperti sekarang, merupakan langkah sangat panjang.

Beliau paparkan tahapan dilalui UT. Termasuk mendapatkan sertifikat internasional untuk kualitasdan akreditasi, peraihan ISO, hingga akreditasi oleh International Council for Open and Education (ICDE)mengenai PJJ.

Menyongsong PTN BH, Prof. Atwi menyampaikan kiat harus dimiliki UT. Secara institusional UT harusberkembang mandiri, inovasi, kreatif dan adaptif terhadap tuntutan suprasystem. Mandiri bidang akademik, mandiri

dalam manajemen organisasi, SDM dan keuangan dan memiliki SDM yang mampu bekerja profesional, Demikian Koordinator Bidang Kerjasama, Humas dan Alumni UT Makassar, Abdul Rahman Rahim memberitakan. (rls).

 82 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *