EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR— Nani Harlinda Nurdin, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Timur (FISIP UIT) Raih Doktor Ilmu Administrasi Publik di Aula Prof. Syukur Abdullah, lantai 3 FISIP UNHAS, Kamis 20 Januari 2022.

Saat promosi, pimpinan sidang, Prof.Dr.Arnin Arsyad, M.Si, Promotor Prof.Dr. Sulaiman Asang, M.Si, Co Promotor, Dr. Gita Susanti, M.Si, Co Promotor, Dr. Syaribulan, M.Si, Penguji Eksternal, Dr. Abdul Mahsyar, M.Si,

Penguji Internal Dr. Muhammad Rusdi, M.Si, Dr. Muh.Tang Abdullah, S.Sos, M.AP, Dr.Ali Fauzy Ely, M.Si. Nani pertahankan disertasi “Democratic Governance dalam Perencanaan Pembangunan Daerah (Studi Kasus Pelaksanaan Musrenbang di Kabupaten Bone)”.

Menurut Nani, hasil penelitian Democratic Governance dalam Perencanaan Pembangunan Daerah pada pelaksanaan Musrenbang di Bone dengan menggunakan pendekatan konsep institusional, disimpulkan, Pilar regulative dalam Perencanaan Pembangunan Daerah pada pelaksanaan Musrenbang di Bone upaya untuk mewujudkan Democratic Governance yang fokus aturan, hukum dan sanksi.

Aturan dalam proses perencanaan pembangunan daerah pada Musrenbang di Bone terlaksana, meskipun dalam pembentukan aturan tidak melibatkan seluruh aktor termasuk masyarakat.

Dari aspek hukum atau penerapan aturan pada dasarnya telah dilaksanakan dan didukung pengawasan atau monitoring dari leading sector yang telah ditunjuk, meskipun belum menggunakan pihak diluar dari birokrasi pemerintah.

Sehingga terkadang bias bila yang menerapkan dan yang mengawasi sama-sama dari birokrasi.Pilar normative memberikan penekanan pada penggunaan dimensi preskriptif, evaluatif, dan kewajiban ( obligatory) pada kehidupan sosial.

Pada konteks perencanaan pembangunan di Bone, pilar normative dijabarkan dalam indikator utama, yaitu sertifikasi dan akreditasi. Sertifikasi merujuk pada adanya ketentuan atau petunjuk dan menjadi kewajiban tentang bagaimana aktor berprilaku sesuai dengan kewenangannya dalam perencanaan pembangunan daerah pada pelaksanaan Musrenbang di Kabupaten Bone.

Hak ini memperlihatkan, sertifikasi yang dimaksud sudah sesuai legitimasi (dari aturan).Pilar Cultural Cognitive mencerminkan struktur kognitif dan pengetahuan sosial orang-orang di wilayah tertentu. Sehingga unsur kognitif institusi merupakan konsepsi bersama yang membentuk sifat realitas dan bingkai melalui mana makna dibuat,

Itu tercermin di dua indikator utama yaitu pemahaman bersama (common beliefs) dan tindakan logis yang diakui bersama (shared logics of action). Pemahaman bersama dalam konteks musyawarah perencanaan

pembangunan daerah Bone secara Cultural Cognitive telah berjalan.

Namun pemahaman mengenai perencanaan pembangunan pada pelaksanaan Musrenbang masih berbeda antar aktor. Dikotomi aktor birokrasi dan masyarakat serta elemen yang terlibat didalamnya memberikan ruang tersendiri terkait terdapatnya perbedaan cara pandang dan pemahaman bersama.

Nani Harlinda Nurdin, mempresentasikan disertasinya dengan baik dihadapan para penguji, dan penguji sepakat memberikan nilai sangat memuaskan.

Pimpinan sidang, Prof.Dr. Armin Arsyad, M.Si saat membacakan hasil mengatakan, nilai sangat memuaskan, dan berhak menyandang Gelar Doktor dalam Bidang Administrasi Publik, dengan sebutan Dr. Nani Harlinda.

Nani Harlinda, M.Si, berterima kasih banyak kepada Dekan FISIP UNHAS, Promotor, Co.Promotor, Bupati Bone,Dosen UIT, Dr. Muh.Sawir, M.Si, Teman, Kerabat, dan Keluarga, bisa hadir diacara promosi kami denganmemberikan dukungan.

Promosi Doktor turut dihadiri, Bupati Bone, Dr.H. Andi Fahsar M Padjalangi, M.Si, Orang Tua, Anak, Keluarga,Wakil Rektor II, Dr.Arjang, ST, MT, MM, Dekan Farmasi, Dr.Ajeng Kurniati Roddu, S.Si, M.Kes, Dekan FAI,Nurmadiah, S.Ag, M.Pd Wakil Dekan Fisip, Dr.Henni Zainal, S.Pd, M.Pd, Dr. Muh. Sawir, M.Si, Ketua Prodi IlmuAdm Negara, Moh. Yunus, S.Sos, M.AP, Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan, St.Mirza, S.IP, M.Si, Ketua Prodi IlmuKomunikasi Fyan Andinasari Kuen, S.IP, M.I.Kom, Dosen, Sehabat dan Teman, Staf, dan Mahasiswa.(rls).

 86 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *