EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR—Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof Ojat Darojat, M .Bus, Ph.Dmengakui kalau Perguruan Tinggi Negeri Universtas Terbuka (UT) bukanlah perguruan tinggi yang terbaik di Indonesia, tetapi UT perguruan tinggi yang terbesar.

Rektor Prof Ojat Darojat, didampingi Direktur UT Makassar, Drs Hasanuddin, M.Si menyampaikan itu saat sambutan wisuda program diploma, sarjana dan magister UT Makassar tahun akademik 2021- 2022, Selasa 25 Januari 2022 di Claro Hotel Makassar.

Dikatakannya, UT sejak berdiri 1984 atau tepatnya 37 tahun silam, banyak bertransfomasi dan akselerasi inovasi sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh yang modern.

Sekarang ini telah memiliki 39 kantor layanan UT baik dalam negeri maupun luar negeri.Seiring kemajua teknologi, komunikasi layanan di UT semakin lancar dan semakin bagus, karena mahasiswanya telah terbiasa perkuliahan online.

Sehubungan dengan itu, UT dengan pengalaman penyelenggara pendidikan jarak jauh dan modern, banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta terbaik di negeri ini datang belajar ke UT model sistem pembelajaran online yang efektif.

”Selama 37 tahun operasioal, UT sangat banyak kendala dan kemajuan yang telah dicapai. Terkait pesan serta keinginan presiden Jokowi tentang pendidikan, yaitu pendidikan di Indonesia untuk semua dan merata hingga pelosok wilayah terpencil, maka UT harus hadir sebagai solusinya.

Masalah berikutnya di pendidikan, orang yang sudah bekerja seperti guru dan lainnya tidak lagi memumgkinkan meningkatkan kompetensinya karena tetikat oleh pekerjaannya. Oleh karena itu UT akan hadir membuka layanan di daerah daerah agar orang yang ada di daerah dapat meningkatkan kompetensinya tanpa meninggalkan daerahnya.

Masalah selanjutnya banyak orang tidak lagi melanjutkan studiny karena terkendala biaya, dan UT hadir memudahkan masyarakat untuk pembayaran uang kuliah, pembayaran uang SPP UT sangat terjangkau dan jauh beda dengan perguruan tinggi lainnya.

Wisuda UT 2021-2022 sangat berbeda dibanding wisuda sebelumnya, karena dihadiri Walikota Makassar dan Walikota Palopo, Bupati Wajo, Bupati Bone serta Wakil Bupati Soppeng, Wakil Buoati Jeneponto dan perwakilan sejumlah daerah yakni Bupati Maros diwakili Asisten III Bidang Pemerintahan serta mantan Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Prof Dr Jasruddin serta mitra UT.

Prosesi wisuda diikuti 500 alumni, sebanyak 100 Alumni secara luring dan sisanya 400 alumni secara daring dan luring.

Alumni yang diwisuda berasal dari 4 fakultas yakni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Ekonomi (FE). (rls).

 91 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *