EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR—Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang dikenal sebagai lembaga Pendidikan Tinggi dan Dakwah pada era 80 hingga 90-an sangat gencar sosialisasikan program kampus Islami. Itu ditandai adanya kewajiban berbusana muslim bagi civitas academika, terutama para mahasiswinya.

Dalam upaya mewujudkan program busana muslim tersebut menyimpan banyak cerita indah. Namun alhamdulillah atas Rahmat Allah swt, lambat laun secara bertahap, program tersebut berjalan sesuai harapan.

”Saya pribadi selalu terkenang program tersebut. Soalnya kalau kita ke kampus UMI, kemudian tak pakai jilbab, pastilah kena teguran di kampus terutama dari pak Rektor yang ketika itu dijabat Dr Abdurahman A. Basalamah,SE,Msi,” kenang Kasmaningsih Kasim,SH, baru-baru ini.

Kasmaningsih yang merupakan alumni Fakultas Hukum UMI 1994 dan sejak 2003 menekuni profesi notaris itu mengemukakan, dulu, berharap tak kena teguran, jika ke kampus banyak cara dilakukan para mahasiswi.

Biodata Singkat:
Nama: Kasmaningsih Kasim,SH
Lahir: Kendari 06-11-1970
SD, Tahun 1983
SMP Tahun 1986
SMA Tahun 1989
Kuliah di FH UMI 1989 dan selesai 1994 lanjut Sekolah Notaris 1996
Pekerjaan : Notaris/PPAT Kota Makassar
Organisasi: Himpunan Mahasiswa Islam, Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia

”Biasanya kalau start dari rumah, jilbab tak dipakai, tapi saya gulung-gulung lalu simpan dalam tas. Selanjutnya, kalau sudah tiba dalam kampus, apalagi jika sudah di depan masjid Umar bin Khattab Kampus II UMI Jalan Urip Sumoharjo, barulah saya buru-buru tarik kerudung dari dalam tas lalu memakainya,” ungkap Kasmaningsih seraya tertawa kecil mengenang sikap dan pengalamannya di kampus UMI puluhan tahun silam.

”Semoga alamamater UMI yang kini terakreditasi INSTITUSI UNGGUL tetap jaya dan senantiasa tetap berpegang teguh pada alquran dan hadis. Buat sesama alumni FH-UMI kami mengajak dan berpesan, profesi apapun yang kita geluti, marilah bekerja dengan baik dan profesional. Selain itu berupayalah memudahkan urusan orang lain,” pesan wanita kelahiran Kendari 06-11-1970 ini.

Semoga IKA Fakultas Hukum UMI selalu berjaya, menjaga persaudaraan/silaturrahim. Kuncinya mari bangun kekompakan dan meningkatkan ukhuwah Islamiah, harap Kasmaningsih, peraih penghargaan kategori patuh dan taat bayar pajak BPHTB Kota Makassar beberapa tahun silam itu..(arf).

 84 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *