EDUKASITERKINI.COM.MAKASSAR–Musyawarah Besar (Mubes) Persatuan Alumni SMA Negeri 1 Makassar Angkatan 82 (PAS82) berlangsung, meriah dan meraih sukses besar, Sabtu (19/03/2022) pagi hingga sore hari di Ebony Ballroom Hotel Gammara, Jln Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar.

Kegiatan mengusung bertema “Dengan Mubes ini, kita satukan niat ikhlas untuk mempererat persahabatan mendukung persatuan alumni dan terus mengemban amanah almamater kebanggaan”,

Diikuti 430 orang alumni SMANSa 82 (offline dan virtual) dari berbagai kota/kabupaten di Indonesia, kemudian lebih 20 orang guru-guru, dan sejumlah perwakilan lintas angkatan.

Mubes PAS82 ini selain mengesahkan keberadaan organisasi PAS82, juga berhasil melahirkan kepengurusan yang dinakhodai Ir. H. Kadeliah sebagai Ketua Umum PAS82 Periode 2022-2025.

Hajatan akbar Mubes PAS82 diawali sambutan Ketua Panitia, Andi Jaya, Presidium Azhary Sirajuddin, dan Herman Hading mewakili guru-guru SMANSa yang hadir, baik masih aktif saat ini maupun yang sudah pensiun.
Selanjutnya Mubes PAS82 dibuka resmi Presidium, Azhary Sirajuddin bersama Asriawan Umar dan perwakilan guru-guru Herman Hading ditandai pemukulan gong serta disambut tepuk tangan sorak riuh seluruh hadirin.

Azhary Sirajuddin yang juga Pembina PAS82 dalam sambutannya menguraikan ikhwal perjalanan yang penuh dinamika hingga terbentuk dan lahirnya organisasi PAS82 serta pelaksanaan Mubes.

Tujuan utamanya melegitimasi keberadaan wadah yang diharapkan kelak mampu melakukan rekonsiliasi untuk

menyatukan serta menyelesaikan konflik berujung perpecahan di tubuh SMANSa 82.

Sementara itu, Herman Hading dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan haru terhadap kepedulian para alumni SMANSa 82 yang tergabung dalam PAS82 terhadap guru-guru di SMA Negeri 1 Makassar, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun.

“Saya mewakili guru-guru SMA Negeri 1 Makassar, khususnya yang berkesempatan hadir di tempat ini, merasa terharu dengan anak-anakku alumni SMANSa 82 yang tidak melupakan kami para mantan gurunya di masa silam,” ungkap Herman.

”Kami semua guru juga merasa prihatin atas perpecahan yang terjadi, dan kami berharap hasil dari penyelenggaraan Mubes PAS82 serta pengurus terpilih nantinya, mampu melakukan rekonsiliasi dan menyatukan kembali seluruh alumni SMANSa 82,” pungkasnya.

Usai serangkaian acara pembukaan hingga santap siang bersama, seluruh peserta Mubes mengikuti tahapan sidang pengesahan AD/ART PAS82 dipimpin Anastas Dwijaya didampingi 2 anggotanya.

Dilanjutkan, agenda pemilihan Ketua Umum PAS82 menampilkan 3 (tiga) kandidat calon. Diantaranya, Andi Jaya, Ir. Rahman Jamil dan Ir. H. Kadeliah.

Ketiga kandidat sebelumnya ditampilkan memperkenalkan diri dan menyatakan kesediaannya menerima amanah dari alumni serta memaparkan visi misinya jika terpilih sebagai Ketua Umum PAS82.

Sistem pemilihan berlangsung demokrasi dengan penetapan pelaksanaannya berdasarkan persetujuan dan kesepakatan seluruh peserta Mubes (offline dan virtual) yang akhirnya memutuskan mempercayakan ketiga kandidat calon untuk bermusyawarah.

Hasilnya, sepakat menunjuk Ir. H. Kadeliah sebagai Ketua Umum, lalu Ir. Rahman Jamil dan Andi Jaya selaku formatur yang akan menyusun kepengurusan lengkap.

Sebelum Anastas Dwijaya menutup sidang pemilihan tersebut, dibacakan pula Surat Petisi yang akan diajukan kepada Pengurus Pusat IKA SMANSa.

Petisi berjudul “Petisi Ketidakpuasan Terhadap Ketua dan Pengurus IKA SMANSa 82 Makassar yang Terpilih tanggal 03 April 2021 di Hotel Arthama Makassar”. Ini dikeluarkan Sabtu 19 Maret 2022 dalam forum Mubes PAS82 di Ebony Ballroom Hotel Gammara Makassar.

Terdapat 4 (empat) poin alasan ketidakpuasan alumni SMANSa 82, yakni (1) pelaksanaan Mubes 03 April 2021 di Hotel Arthama tidak qorum sehingga tidak memenuhi syarat pemilihan Ketua IKA SMANSa 82, (2) ketidakmampuan menyatukan segenap alumni SMANSa 82 di semua aspek kegiatan.

Pada poin (3) disebut, alumni SMANSa 82 malu di even Liga Futsal antar Angkatan 80-an, dan (4) timbulnya perpecahan diantara alumni SMANSa 82.

Atas alasan diatas, seluruh alumni yang terhimpun dalam PAS82 mengajukan petisi kepada Ketua Umum IKA SMANSa Andi Ina Kartika Sari untuk mengambil sikap, (1) membatalkan kepengurusan IKA SMANSa 82 Periode 2021-2024, (2) mengesahkan kepengurusan hasil Mubes PAS82, Sabtu 19 Maret 2022 yang dihadiri ratusan alumni secara offline maupun virtual yang ikut bertandatangan dalam lampiran petisi ini.

Usai sidang pemilihan, dilakukan pengukuhan Ketua Umum PAS82, Ir. H. Kadeliah ditandai penyerahan pataka SMANSa 82. Acara Mubes berakhir setelah sebelumnya para guru yang hadir diberikan santunan dana kemudian bersalam-salaman dan foto bersama seluruh alumni SMANSa 82.

Acara disemarakkan pula dengan penampilan Line Dance dari kelompok ibu-ibu alumni SMANSa 82, dan juga hiburan musik yang disuguhkan oleh Band PAS82. (*).

 82 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *