EDUKASITERKINI.COM.SUNGGUMINASA-Persaudaraan Alumni SMA Katolik Rajawali (PAS) Makassar Halalbihalal Lintas Agama dan Angkatan di kediaman Ketua Umum (Ketum) PAS, Ir. Takudaeng Parawansa, Jalan Syekh Yusuf No.93 Katangka, Sungguminasa, Gowa, Kamis (12/05/2022) siang.

Kegiatan ini mengusung tema “Merajut Tali Persaudaraan (Silaturahmi) dan Saling Bermaaf-Maafan Dalam Keberkahan di Hari Nan Fitri”. Acara tersebut diawali dengan mengunjungi Panti Asuhan Reski Ananda, dan

memberikan santunan kepada anak yatim piatu, di Jalan Syekh Yusuf Nomor 67, Katangka, Gowa. Ketum PAS, Takudaeng Parawansa yang akrab disapa Keke mengungkapkan, acara ini dihadiri lintas angkatan dan agama.

Halalbihalal ini bertujua bagaimana kita saling menjaga toleransi, seperti yang kita ketahui saat ini sangat mahal.

“Banyak sekali orang yang membicarakan soal agama, sementara kami di Persaudaraan Alumni Smakara (SMA Katolik Rajawali) tidak pernah membicarakan masalah Intoleransi, dalam artian tidak ada perbedaan didalamnya, mau itu mereka dari agama dan suku apa,” jelas Keke.

Lanjutnya, tapi bagaimana kita bisa berkolaborasi didalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mempertahankan Bhineka Tunggal Ika, dan Pancasila. Seluruh agama itu tentunya mempunyai maksud yang baik.

Maka dari itu, kami tetap menjaga agar organisasi ini bisa tetap solid, bersinergi, dan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan, juga kepada para alumni Smakara yang perlu uluran tangan dari kami.

“Seperti yang kita lihat, ada juga alumni 1965, dan 1969 yang hadir, tentunya kita patut apresiasi semangatnya walau sudah memasuki usia lanjut, dan mereka tetap seperti biasa kongko-kongko lintas angkatan,” kata Keke Parawansa sambil tersenyum.

Alumni 1965 dan 1969 yang hadir tersebut merupakan pengurus pusat Persaudaraan Alumni Smakara yang dipimpin Keke sejak 2017 sampai sekarang.

“Saya memimpin PAS ini sudah lumayan lama, karena pandemi sehingga jabatan saya diperpanjang hingga saat ini,” ungkapnya.

“Rumah ini (kediaman Ketum PAS, red), adalah merupakan rumah alumni Smakara sehingga bisa menjadi tempat pertemuan kita, mengapa kita harus sewa tempat, hanya untuk buang-buang duit,” imbuhnya.

Halalbihalal ini merupakan program tahunan PAS, bulan Ramadan baru-baru ini kami ingin membuat acara buka puasa bersama, namun karena kesibukan para alumni tersebut sehingga kami sepakat untuk berkegiatan setelah lebaran ini.

Setelah kegiatan ini, akan dilaksanakan Rapat Umum Nasional Smakara, dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum dan pembahasan program kerja. Kegiatan ini seharusnya sudah berlangsung di Kota Semarang pada 2020 lalu, namun karena pandemi lagi-lagi kegiatan ini harus diundur.

Halalbihalal PAS ini, diharapkan menjadi penyemangat dari adik-adik baik itu yang masih sekolah, maupun sudah jadi alumni Smakara, tidak kendur dalam mempertahankan nilai-nilai toleransi, tetap menjalankan apa yang telah dilakukan para pendahulu terkait persaudaraan di Smakara.

Sejumlah pengurus pusat PAS yang hadir diantaranya, Wakil Ketua Umum Jufry Tjangkilisan, Wakil Sekjen R Nirmasari, Bendahara Umum Maria Boen, Ketua PAS Supama Hendrik Sie dan puluhan alumni lintas angkatan Smakara. (*).

 51 total views,  1 views today

By Muhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *